Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Peninggalan Zaman Batu

Warung Education - Pada zaman batu, alat-alat yang digunakan masyarakat pada masa itu terbuat dari
batu dan tulang hewan. 

benda-benda Teknologi Peninggalan Zaman Batu

Adapun Teknologi Peninggalan Zaman Batu Adalah sebagai berikut :

Kapak Genggam
Kapak genggam banyak ditemukan di daerah Pacitan. Alat ini biasanya disebut “chopper” (alat penetak/pemotong). Alat ini dinamakan kapak genggam karena alat tersebut serupa dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara mempergunakannya dengan cara menggenggam. Pembuatan kapak genggam dilakukan dengan cara memangkas salah satu sisi batu sampai menajam dan sisi lainnya dibiarkan apa adanya sebagai tempat menggenggam. Kapak genggam berfungsi untuk menggali umbi, memotong, dan menguliti binatang.

Kapak Perimbas
Kapak perimbas berfungsi untuk menyiangi cabang kayu, memahat tulang, dan sebagai senjata. Alat ini ditemukan di Gombong (Jawa Tengah), Sukabumi (Jawa Barat), Lahat (Sumatera selatan). Alat ini
paling banyak ditemukan di daerah Pacitan.

Flakes
Flakes yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu, yang dapat digunakan untuk mengupas makanan. Selain terbuat dari batu, Flakes juga merupakan alat-alat dari tulang binatang. Kegunaan alat-alat ini pada umumnya untuk berburu, menangkap ikan, mengumpulkan ubi dan buah-buahan.

Alat-alat dari Tulang Binatang atau Tanduk Rusa
Salah satu alat peninggalan zaman batu yaitu alat dari tulang binatang. Alat-alat dari tulang ini termasuk hasil kebudayaan Ngandong. Kebanyakan alat dari tulang ini berupa alat penusuk (belati) dan ujung tombak bergerigi. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengorek ubi dan keladi dari dalam tanah. Selain itu alat ini juga biasa digunakan sebagai alat untuk menangkap ikan.