4/07/2010 11:18:00 PM
0

advertisements

Apa itu Metode KUMON?
Metode Kumon adalah suatu model belajar dari Jepang dan dikembangkan pertama kali oleh Toru Kumon, seorang guru matematika SMU yang pada awalnya ingin membantu pelajaran matematika anaknya yang waktu itu masih duduk di kelas 2 SD. Metode Kumon menggunakan bahan pelajaran berupa lembar kerja yang disusun sedemikian rupa secara sistematis dan small step yang berisi materi pelajaran matematika dari tingkat prasekolah sampai dengan tingkat SMU. Bahan pelajarannya dirancang sehingga anak dapat mengerjakan dengan kemampuannya sendiri, bahkan memungkinkan bagi anak untuk memperlajari bahan pelajaran di atas tingkatan kelasnya di sekolah.
Cara belajar Metode KUMON

Di Metode Kumon, anak diberikan bimbingan secara perseorangan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Karena itu, sebelum memulai pelajarannya di Kumon, anak diberikan tes penempatan untuk mengetahui titik pangkal yang tepat. Program belajar dimulai dari bagian yang dapat dikerjakan anak dengan mudah, dan sedikit demi sedikit dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.
Siapa saja yang bisa belajar dengan Metode KUMON?
Anak mempunyai potensi yang tidak terbatas. Untuk mengembangkan potensi ini secara maksimal, diperlukan bimbingan dan lingkungan yang mendukung tanpa membatasi usia anak. Bahkan anak usia prasekolah yang belum bisa memegang pensil pun dapat memulai belajar dengan metode KUMON. Untuk anak usia prasekolah selain lembar kerja, juga digunakan alat bantu seperti papan bilangan magnetik, jigzaw puzzle, kartu bilangan dan sebagainya yang dirancang secara khusus.
Hasil Belajar Metode KUMON
Program dan bimbingan Metode Kumon yang diberikan secara perorangan pada tingkatan dan porsi yang tepat akan mengembangkan kemampuan matematika anak. Selain itu belajar dalam waktu yang singkat dan rutin setiap harinya, maka dalam diri anak akan terbentuk kemampuan berkonsentrasi, ketangkasan kerja, kemampuan berpikir, kebiasaan belajar dan rasa percaya diri yang merupakan dasar untuk mempelajari hal-hal lainnya.
Apakah Metode KUMON hanya mempelajari matematika saja?
Selain matematika berhitung, Metode Kumon juga sampai pada tahap yang lebih luas seperti aljabar, trigonometri, kalkulus dan matematika tingkat lanjut, bahkan di negara-negara lain Metode Kumon juga dikembangkan untuk materi pelajaran lainnya seperti pelajaran bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa jerman, bahasa perancis, dan lain sebagainya.
Majalah Intisari Maret 2000

advertisements

0 komentar:

Post a Comment