Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal IPA Biologi SMP Kelas 7 Bab Ekosistem Semester 2

Warung Education. Soal latihan ulangan harian IPA Biologi SMP Kelas 7 bab Ekosistem Semester 2 sesuai dengan kurikulum KTSP. Silahkan di download gratis.

Berikut ini saya hadirkan rangkuman pembelajaran tentang Ekosistem, untuk mempermudah sobat mengingat atau mempelajari soal latihan ulangan harian/ bab ini.


Ekosistem tersusun atas komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik meliputi makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan pengurai. Adapun komponen abiotik meliputi seluruh makhluk tidak hidup seperti sinar matahari, air, udara, dan mineral, serta suhu atau temperatur.

Komponen ekosistem memiliki satuan, seperti individu, populasi, dan komunitas. Satuan terkecil yang disebut individu akan membentuk populasi. Kumpulan populasi-populasi yang hidup di suatu tempat dinama kan komunitas.

Proses penting dalam setiap ekosistem, yaitu aliran energi dan  siklus materi. Kedua proses ini sesungguhnya berlangsung bersamaan dengan kejadian makan dan dimakan.

Keanekaragaman makhluk hidup merupakan kekayaan yang sangat berharga bagi manusia. Keanekaragaman makhluk hidup harus dijaga kelestariannya. Salah satu caranya dengan menjaga agar makhluk hidup terhindar dari kepunahan.
Nah dibawah ini adalah cuplikan dari soal ipa biologi smp kelas 7, yang soal lengkpanya silahkan sobat download dibawah contoh soal ini.

6. Materi berikut yang tidak mengalami siklus yaitu ....
a.  nitrogen
b.  karbon dioksida
c.  air
d.  energi

7. Ciri-ciri suatu komunitas adalah ....
a.  adanya interaksi dengan komponen  abiotik
b.  terdapat sekumpulan macam-macam  populasi
c.  di dalamnya ada proses saling  memangsa
d.  mulai terdapat peran pengurai dan perombak

8. Faktor abiotik yang tidak terpengaruh oleh sinar matahari adalah ….
a.  suhu
b.  mineral
c.  kelembapan
d.  intensitas cahaya

Download dan dapatkan soal latihan ulangan harian bab ipa biologi smp kelas 7 bab ekosistem semester 2 kurikulum ktsp

Nah, sekarang sobat bisa mendownload file Soal IPA Biologi SMP Kelas 7 bab Ekosistem Semester 2, pada tombol download dibawah ini.

Download