Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Sarung Bantal Dari Kain Katun

Membuat Sarung bantal dari kain katun bekas atau kain perca yang berasal dari limbah industri teksil dan dari sisa sisa tukang jahit. kain yang berasal dari pabrik adalah kain kain yang berukuran besar panjang dan lebar, sehingga bisa digunakan untuk membuat kreasi kain yang membutuhkan kain yang lebih banyak. Adapun kain yang berasal dari tukang jahit adalah kain kain sisa potongan bahan untuk membuat baju, nah kreasi yang dibuat dari sisa potongan kain ini tidak sulit dan tidak membutuhkan kain banyak.

Dibawah ini adalah cara membuat sarung bantal cantik dari bahan kain perca sebagai berikut :
1. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan antara lain adalah ;
a. gunting kain
b. jarum jahit sulam
c. benang ( warna benangnya disesuaikan dengan warna kain yang akan dibuat sarung bantal )
b. benang untuk membuat sulaman
d. tempat jarum pentul
e. bidal untuk melindungi jari tangan agar tida tertusuk jarum
f. alat untuk memasukan benang ke dalam lubang jarum
g. kain katun warna merah atau warna apa pun sesuai yang diinginkan
h. resleting dengan panjang 60 cm.

2. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
a. potong kain bahan dasar sebanyak 2 lembar dengan ukuran 60 cm x 60 cm. lembar kain pertama untuk bagian depan sarung bantal yang akan diberi sulaman dengan menggunkan tusuk veston, untuk membentuk sebuah gambar. Lembaran kain kedua untuk bagian belakang sarung bantal.

b. segera beri sulaman berupa gambar pada lembar kain pertama yang akan dijadikan bagian depan sarung bantal. bentuk dan jenis sulaman bisa berupa apa saja sesuai dengan keinginan.

c. lembar kain kedua, yaitu untuk bagian belakang sarung bantal. potong kain menjadi 20 cm dan 40 cm. Kemudian satukan kembali potongan kain tersebut dengan memasangkan  resleting di  antara keduanya.

d. Gabungkan lembaran kain untuk bagian belakang sarung bantal yang telah dipasangi risleting dengan bagian depan sarung bantal yang telah diberi ornamen sulaman tadi. Pasangkan dengan cara saling berhadapan. Jahit sekelilingnya, lalu balikkan.

e. Setalah sarung bantal selesai jangan lupa buatkan rumbai rumbai sebagai pemanis yang akan dipasang dibagian keempat sudut sarung bantal. dengan demikian sarung bantal menjadi semakin manis dan menarik.

Nah bagaimana apakah anda sudah siap untuk membuat sarung bantal dari kain katun perca ?, ok jika begitu saya ucapkan selamat berkarya.