Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membersihkan Motor Skuter

cara membersihkan motor skuter supaya awet dan tahan lama adalah suatu keharusan bagi setiap orang yang memilikinya. membersihkan skuter anda secara teratur untuk melindungi permukaan cat dan plastik, dan memeriksa terhadap kerusakan, keausan, dan kebocoran oli, cairan pendingin atau minyak rem. 

jangan memakai produk pembersih yang tidak dirancang khsusus untuk permukaan badan skuter atau mobil. produk produk ini mungkin mengandung deterjen atau pelarut kimia yang keras yang dapat merusak logam, cat, dan plastik pada skuter anda. 

Jika skuter masih panas karena baru saja dipakai, tunggulah sampai mesin dan sistem pembuangan gas telah menurun suhunya. sarannanya jangan menggunakan atau memakai air dengan penyemprot air bertekanan tinggi karena dapat merusak bagian bagian tertentu dari skuter. 

adapun cara membersihkannya adalah sebagai berikut:
1. bilaslah skuter secara menyeluruh dengan air dingin untuk melepaskan debu atau kotoran 

2. bersihkan dengan spons atau kain lunak dengan menggunakan air bersih dan dingin. jangan mengarahkan air kelubang knalpot dan komponen kelistrikan skuter. 

3. bersihkan part listrik dan lensa lampu depan dengan memakai kain atau spons yang dilembabkan dengan larutan dari deterjen lunak dan air. gosoklah bagian atau daerah yang kotor dengan lembut dan dengan membilasnya berulangkali dengan air bersih. 

Perhatikan untuk selalu membersihkan motor skuter dari minyak rem atau pelarut kimia karena akan merusak permukaan plastik dan permukaan yang dicat.

bagian dalam lensa lampu depan mungkin akan berembun segera bersihkan setelah mencuci motor skuter. kondensasi kelembaban di dalam lensa lampu depan akan berangsur hilang apabila lampu besar di hidupkan pada sinar lampu jauh. hidupkan mesin sebelum menyalakan lampu besar.

4. setelah membersihkannya, bilaslah secara menyeluruh dengan banyak dengan air bersih. sisa deterjen keras yang tertinggal dapat mengakibatkan karat pada parts dari logam campuran.

5. keringkan skuter, hidupkan mesin dan biarkan menyala selama beberapa menit.

6. ujilah rem sebelum mengendarai motor skuter, beberapa kali pengereman mungkin diperlukan untuk mengembalikan daya pengereman normal.

nah inilah beberapa tips membersihkan dan merawat motor skuter kesayangan kita, sehingga motor skuter kita selalu bersih dan tentunya akan tetap awet. sekian tips perawatan skuter ini, adapun daftar pustaka dari artikel ini adalah dari buku panduan pemilik motor ahas, semoga bermanfaat.